Jumat, 14 Desember 2012

APLIKASI GRAPHMATICA


Membuat Grafik dengan Graphmatica
Graphmatica merupakan perangkat lunak pembuat grafik yang dibuat oleh kSoft, Inc. Perangkat lunak ini bersifat shareware. Kelebihan perangkat lunak ini adalah ukurannya relatif kecil (di bawah satu megabyte) dan mudah digunakan. Graphmatica dapat dignakan untuk membuat grafik sederhana.
Teknik Penggambaran
Di bawah ini akan disajikan beberapa teknik penggambaran grafik yang dapat dilakukan dengan menggunakan Graphmatica. Grafik yang disajikan oleh Graphmatica adalah grafik dua dimensi. Graphmatica tidak mendukung pembuatan grafik tiga dimensi.Secara umum software graphmatica terdiri dari beberapa bagian, diantaranya titlebar, menubar, toolbar, fuctionbar, graph layout dan coordinate statusbar. Berikut ini tampillan graphmatica :
Bagian
Keterangan
Titlebar
Menampilkan nama file graphmatica yang sedang aktif.
Menubar
Berisi menu-menu yang memiliki fungsinya tersendiri.
Toolbar
Berisi ikon-ikon untuk fitur-fitur yang ada di graphmatica.
Functionbar
Untuk menulis atau menginput fungsi yang akan digambar
Graph paper
Menampilkan gambar grafik dari fungsi yang diinput.
Coordinate statusbar
Menampilkan letak atau posisi suatu titik tempat dalam graph layout.
Scroolbar
Menggulung layar ke atas-bawah dan kanan-kiri.

Fungsi Tombol pada Graphmatica

Item
Subitem
Keterangan




File
New Grind
Membuka lembar grafik baru
Open
Membuka lembar grafik yang sudah ada
Save
Menyimpan lembar grafik
Save as
Menyimpan lembar grafik dengan nama yang berbeda dari sebelumnya
Save setup info
Menyimpan pengaturan dalam file berextension
Page setup
Mengatur jenis lembar grafik
Print
Mencetak lembar grafik
Exit
Keluar dari lembar grafik graphmatica



Edit
Undo grid range

Copy graphs BMP
Menyalin grafik dalam bentuk file BMP
Copy graphs EMF
Menyalin grafik dalam bentuk file EMF
Copy tables
Menyalin tabel
Copy equations
Menyalin pertanyaan yang di tulis
Paste data plot
Menggandakan data koordinat sumbu x dan y
Hide graph
Menyembunyikan grafik tertentu
Delete graph
Menghapus grafik tertentu
Delete all graph
Menghapus semua grafik
annotations
Member label nama





View
Clear screen
Membersihkan layar grafik
Zoom in
Memperbesar tampilan grafik
Zoom out
Memperkecil tampilan grafik
Grid range
Menentukan batasan maksimum dan minimum dari sumbu x dan y
Find all graphs
Menampilkan kootdinat yang termasuk dalam fungsi
Data plot editor
Membuat titik dengan memasukkan koordinat dan dapat pula membuat garis dari dua titik
Variabel panel

Scrollbars
Menggulung layar atas – bawah dan kanan – kiri
Title dan labels
Menampilkan nama label dari grafik



Options
Graph paper
Memilih jenis lembar grafik
Settings
Pengaturan secara umum
Theta range
Mengatur jenis satuan sudut untuk koordinat polar
Autoredraw
Mengaktifkan menggambar ulang otomatis
Warning
Mengaktifkan peringatan jika ada masalah
AutoSquere

AutoRange





Tools
Evaluate
Mencari nilai absis atau ordinat jika salah satunya diketahui
Find intersection
Mencari perpotongan dari dua grafik
Functions
Memasukkan fungsi pada lembar grafik
Coordinat cursor
Mengubah kursor hanya pada lembar koordinat grafik
Set initial value

Set domain



Calculus
Find derivative
Mencari turunan dari suatu fungsi
Draw tangent
Menggambarkan garis singgung
Integrate
Mencari nilai integral tertentu dari fungsi yang ada
Find critical points
Mencari nilai kritis



Help
Content
Bantuan untuk konten tertentu
Operator table
Bantuaan untuk tabel operasi fungsi
Search
Mencari konten yang diinginkan
kSoft homepage
Menuju ke website kSoft (pembuatan graphmatica)
About
Menampilkan keterangan mengenai graphmatica

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas bagaimana cara menggambar menggunakan GRAPHMATICA, dengan pembahasan Persamaan Linear.
Hal pertama yang harus dilakukan adalah, pastikan Program GRAPHMATICA ada dalam PC anda.
Inilah tampilan awal dari GRAPHMATICA.




1. Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan
    2x – y ≤ 1
    3x + y ≤ 14
    x – 3y ≤ -2
    x ≥ 0
    y ≥ 0
Input persamaan 2x – y ≤ 1. (2x–y>=1)
Tanda ≤ dibalik menjadi '>=', karena Himpunan Penyelesaian yang kita cari adalah yang bukan di arsir. 
Lalu enter.
Input persamaan 3x + y ≤ 14. (3x+y>=14). Lalu enter.
Input persamaan x – 3y ≤ -2. (x–3y>=-2). Lalu enter.
Input persamaan x ≥ 0. (x<=0). Lalu enter.
Input persamaan y ≥ 0. (y<=0). Lalu enter.
Kemudian, beri nama. Klik Edit - Annotations (Ctrl+A). Lalu ketik 'A', lalu Place, letakkan pada titik perpotongan garis dimulai dari ujung kiri bawah. Lalu lakukan hal serupa untuk meletakkan titik B, C, D. Terakhir lakukan hal serupa, tetapi sekarang ketik 'HP'. Letakkan titik HP tersebut pada gambar yang tidak di arsir.
Hasil outputnya akan nampak seperti gambar dibawah ini.



2. Menggambar Grafik Fungsi Kuadrat y = x².
Klik View - Point Tables untuk mengetahui titik-titiknya.
Klik Tools - Evaluate untuk mencari nilai absis atau ordinat (x, y) jika salah satunya diketahui.
3. Menghitung Integral atau Luas Daerah di Bawah Kurva Atau yang Berbatasan dengan Dua Kurva y = -x² + 3x, dan y = x.
Input persamaan y=-x²+3x, Lalu enter.
Input persamaan y=x, Lalu enter.
Kemudian hitung integralnya, dengan cara klik Calculus - Integrate.
Pada kolom equations 1, pilih y=-x²+3x. dan pada kolom equations 2, pilih y=x. Lalu Integrate From x, isi dengan nilai 0, dan To x di isi dengan 2. Lalu klik Calculate.
Result adalah hasil/nilai yang dicari.


4. Menentukan Garis Singgung Parabola (Persamaan Garis) dari x² + 2x – 5y – 9 = 0.
Input persamaan x²+2x–5y–9=0. Lalu enter.
Setelah itu, klik Calculus - Draw Tangent. Kemudian klik sembarang titik pada parabola (Misalkan, pada puncak parabola). Lalu akan muncul Draw Tangen Line itulah persamaan singgungnya.
Draw Tangent at x = -1  dan y = -2, berarti kita mencari persamaan garis singgung pada titik (-1, -2). Ini adalah titik singgungnya. Slope adalah kemiringan, sedangkan Tangent Line adalah persamaan garis singgung yang dicari.

Dengan menggunakan persamaan yang sama, kita mencari titik singgung di titik lain. Kemudian klik sembarang titik pada parabola. 
Lalu akan muncul Draw Tangen Line itulah persamaan singgungnya. Draw Tangent at x = -6 dan y = 3, berarti kita mencari persamaan garis singgung pada titik (-6, 3). Ini adalah titik singgungnya. 
Slopenya (-2, 0), dan Tangent Line y = -2x – 9.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar