Membuat Grafik
dengan Graphmatica
Graphmatica
merupakan perangkat lunak pembuat grafik yang dibuat oleh kSoft, Inc. Perangkat
lunak ini bersifat shareware. Kelebihan perangkat lunak ini adalah
ukurannya relatif kecil (di bawah satu megabyte) dan mudah digunakan.
Graphmatica dapat dignakan untuk membuat grafik sederhana.
Teknik
Penggambaran
Di bawah ini akan disajikan beberapa
teknik penggambaran grafik yang dapat dilakukan dengan menggunakan Graphmatica.
Grafik yang disajikan oleh Graphmatica adalah grafik dua dimensi. Graphmatica
tidak mendukung pembuatan grafik tiga dimensi.Secara
umum software graphmatica terdiri dari beberapa bagian, diantaranya titlebar,
menubar, toolbar, fuctionbar, graph layout dan coordinate statusbar. Berikut
ini tampillan graphmatica :
Bagian
|
Keterangan
|
Titlebar
|
Menampilkan
nama file graphmatica yang sedang aktif.
|
Menubar
|
Berisi
menu-menu yang memiliki fungsinya tersendiri.
|
Toolbar
|
Berisi
ikon-ikon untuk fitur-fitur yang ada di graphmatica.
|
Functionbar
|
Untuk
menulis atau menginput fungsi yang akan digambar
|
Graph
paper
|
Menampilkan
gambar grafik dari fungsi yang diinput.
|
Coordinate
statusbar
|
Menampilkan
letak atau posisi suatu titik tempat dalam graph layout.
|
Scroolbar
|
Menggulung
layar ke atas-bawah dan kanan-kiri.
|
Fungsi Tombol pada Graphmatica
Item
|
Subitem
|
Keterangan
|
File
|
New
Grind
|
Membuka
lembar grafik baru
|
Open
|
Membuka
lembar grafik yang sudah ada
|
|
Save
|
Menyimpan
lembar grafik
|
|
Save
as
|
Menyimpan
lembar grafik dengan nama yang berbeda dari sebelumnya
|
|
Save
setup info
|
Menyimpan
pengaturan dalam file berextension
|
|
Page
setup
|
Mengatur
jenis lembar grafik
|
|
Print
|
Mencetak
lembar grafik
|
|
Exit
|
Keluar
dari lembar grafik graphmatica
|
|
Edit
|
Undo
grid range
|
|
Copy
graphs BMP
|
Menyalin
grafik dalam bentuk file BMP
|
|
Copy
graphs EMF
|
Menyalin
grafik dalam bentuk file EMF
|
|
Copy
tables
|
Menyalin
tabel
|
|
Copy
equations
|
Menyalin
pertanyaan yang di tulis
|
|
Paste
data plot
|
Menggandakan
data koordinat sumbu x dan y
|
|
Hide
graph
|
Menyembunyikan
grafik tertentu
|
|
Delete
graph
|
Menghapus
grafik tertentu
|
|
Delete
all graph
|
Menghapus
semua grafik
|
|
annotations
|
Member
label nama
|
|
View
|
Clear
screen
|
Membersihkan
layar grafik
|
Zoom
in
|
Memperbesar
tampilan grafik
|
|
Zoom
out
|
Memperkecil
tampilan grafik
|
|
Grid
range
|
Menentukan
batasan maksimum dan minimum dari sumbu x dan y
|
|
Find
all graphs
|
Menampilkan
kootdinat yang termasuk dalam fungsi
|
|
Data
plot editor
|
Membuat
titik dengan memasukkan koordinat dan dapat pula membuat garis dari dua titik
|
|
Variabel
panel
|
||
Scrollbars
|
Menggulung
layar atas – bawah dan kanan – kiri
|
|
Title
dan labels
|
Menampilkan
nama label dari grafik
|
|
Options
|
Graph
paper
|
Memilih
jenis lembar grafik
|
Settings
|
Pengaturan
secara umum
|
|
Theta
range
|
Mengatur
jenis satuan sudut untuk koordinat polar
|
|
Autoredraw
|
Mengaktifkan
menggambar ulang otomatis
|
|
Warning
|
Mengaktifkan
peringatan jika ada masalah
|
|
AutoSquere
|
||
AutoRange
|
||
Tools
|
Evaluate
|
Mencari
nilai absis atau ordinat jika salah satunya diketahui
|
Find
intersection
|
Mencari
perpotongan dari dua grafik
|
|
Functions
|
Memasukkan
fungsi pada lembar grafik
|
|
Coordinat
cursor
|
Mengubah
kursor hanya pada lembar koordinat grafik
|
|
Set
initial value
|
||
Set
domain
|
||
Calculus
|
Find
derivative
|
Mencari
turunan dari suatu fungsi
|
Draw
tangent
|
Menggambarkan
garis singgung
|
|
Integrate
|
Mencari
nilai integral tertentu dari fungsi yang ada
|
|
Find
critical points
|
Mencari
nilai kritis
|
|
Help
|
Content
|
Bantuan
untuk konten tertentu
|
Operator
table
|
Bantuaan
untuk tabel operasi fungsi
|
|
Search
|
Mencari
konten yang diinginkan
|
|
kSoft
homepage
|
Menuju
ke website kSoft (pembuatan graphmatica)
|
|
About
|
Menampilkan
keterangan mengenai graphmatica
|
Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas bagaimana cara menggambar
menggunakan GRAPHMATICA, dengan pembahasan Persamaan Linear.
Hal pertama yang harus dilakukan adalah, pastikan Program GRAPHMATICA ada dalam PC anda.
Inilah tampilan awal dari GRAPHMATICA.
1. Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan
2x – y ≤ 1
3x + y ≤ 14
x – 3y ≤ -2
x ≥ 0
y ≥ 0
Input persamaan 2x – y ≤ 1. (2x–y>=1)
Tanda ≤ dibalik menjadi '>=', karena Himpunan Penyelesaian yang kita cari adalah yang bukan di arsir.
Lalu enter.
Input persamaan 3x + y ≤ 14. (3x+y>=14). Lalu enter.
Input persamaan x – 3y ≤ -2. (x–3y>=-2). Lalu enter.
Input persamaan x ≥ 0. (x<=0). Lalu enter.
Input persamaan y ≥ 0. (y<=0). Lalu enter.
Kemudian, beri nama. Klik Edit - Annotations (Ctrl+A). Lalu ketik 'A', lalu Place, letakkan pada titik perpotongan garis dimulai dari ujung kiri bawah. Lalu lakukan hal serupa untuk meletakkan titik B, C, D. Terakhir lakukan hal serupa, tetapi sekarang ketik 'HP'. Letakkan titik HP tersebut pada gambar yang tidak di arsir.
Hasil outputnya akan nampak seperti gambar dibawah ini.
2. Menggambar Grafik Fungsi Kuadrat y = x².
Klik View - Point Tables untuk mengetahui titik-titiknya.
Klik Tools - Evaluate untuk mencari nilai absis atau ordinat (x, y) jika salah satunya diketahui.
3. Menghitung Integral atau Luas Daerah di Bawah Kurva Atau yang Berbatasan dengan Dua Kurva y = -x² + 3x, dan y = x.
Input persamaan y=-x²+3x, Lalu enter.
Input persamaan y=x, Lalu enter.
Kemudian hitung integralnya, dengan cara klik Calculus - Integrate.
Pada kolom equations 1, pilih y=-x²+3x. dan pada kolom equations 2, pilih y=x. Lalu Integrate From x, isi dengan nilai 0, dan To x di isi dengan 2. Lalu klik Calculate.
Result adalah hasil/nilai yang dicari.
4. Menentukan Garis Singgung Parabola (Persamaan Garis) dari x² + 2x – 5y – 9 = 0.
Input persamaan x²+2x–5y–9=0. Lalu enter.
Setelah itu, klik Calculus - Draw Tangent. Kemudian klik sembarang titik pada parabola (Misalkan, pada puncak parabola). Lalu akan muncul Draw Tangen Line itulah persamaan singgungnya.
Draw Tangent at x = -1 dan y = -2, berarti kita mencari persamaan garis singgung pada titik (-1, -2). Ini adalah titik singgungnya. Slope adalah kemiringan, sedangkan Tangent Line adalah persamaan garis singgung yang dicari.
Dengan menggunakan persamaan yang sama, kita mencari titik singgung di titik lain. Kemudian klik sembarang titik pada parabola.
Lalu akan muncul Draw Tangen Line itulah persamaan singgungnya. Draw Tangent at x = -6 dan y = 3, berarti kita mencari persamaan garis singgung pada titik (-6, 3). Ini adalah titik singgungnya.
Slopenya (-2, 0), dan Tangent Line y = -2x – 9.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar