Kamis, 04 Oktober 2012

REVIEW SKRIPSI


Judul Skripsi
Hubungan Kemampuan Aritmetika Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Barisan Dan Deret Di MA Jam’iyyah Islamiyyah Tanggerang
Peneliti
Faizah
Tahun Penelitian
Penelitian dilaksanakan pada Bulan April 2007 di kelas XII IPA Semester II tahun pelajaran 2006 / 2007
Direview oleh 
Riwut Ajeng Mrantasi (1001125156)
BAB I
PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang Masalah
      Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, semakin terasa pula betapa pentingnya matematika dalam dunia ilmu pengetahuan, baik sebagai ilmu pengetahuan maupun sebagai pembentuk sikap. Selain itu, matematika juga dapat membantu memecahkan berbagai permasalahan, seperti dalam pemerintahan, industri dan sains.
      Betapa pentingnya matematika, sehingga  diajarkan disetiap jenjang pendidikan. Matematika bertujuan mendidik siswa agar memiliki kemampuan nalar yang tinggi dan berfikir logis serta  dapat menggunakan matematika dan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari dan dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan.
ST Negoro dan B. Harahap mengemukakan bahwa aritmetika merupakan cabang matematika. Aritmetika disebut juga Ilmu Hitung. Aritmetika adalah cabang dari matematika yang harus dikuasai oleh siswa, sebab aritmetika digunakan pada hampir setiap materi/bahan kajian matematika sekolah.
Kemampuan aritmetika sangat diperlukan dalam kegiatan belajar matematika. Siswa yang kemampuan aritmetikanya rendah akan mengalami kesulitan dan berbagai hambatan dalam mempelajari matematika, yang akan menyebabkan siswa merasa bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan menakutkan. Sebaliknya siswa yang mempunyai kemampuan aritmetika yang baik, akan mudah mempelajari konsep-konsep matematika yang lain, dan hasilnya pun akan memuaskan.
Dengan alasan tersebut diatas, maka penulis perlu mengadakan penelitian untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kemampuan aritmetika dengan hasil belajar matematika siswa. Untuk itukah penulis mengangkat sebuah judul dalam penulisan skripsi ini yaitu :
" Hubungan Kemampuan Aritmetika dengan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret di MA Jam’iyyah Islamiyyah Tangerang”
B.       Rumusan Masalah
 “Apakah terdapat hubungan antara kemampuan aritmetika dengan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan barisan dan deret?”
C.       Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara kemampuan aritmetika dengan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan barisan dan deret
D.       Manfaat Penelitian
        Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna terutama bagi :
1.         Peneliti
a.        Sebagai prasyarat menyelesaikan jenjang pendidikan Strata Satu Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.
b.        Sebagai tambahan informasi dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
2.       Guru matematika
a.        Sebagai tambahan informasi untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa yang pada umumnya masih rendah.
b.        Sebagai perhatian guru agar memberikan tes formatif kepada siswa untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai siswa pada saat guru mengajar.
3.       Sekolah dan pihak yang terkait dengan pendidikan
Sebagai masukan dalam usaha meningkatkan hasil belajar matematika siswa di Madrasah Aliyah (MA)
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A.       Metode Penelitian
      Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei dengan tekhnik korelasi, yaitu mencari hubungan antara kemampuan aritmetika dengan hasil belajar matematika siswa.
·                     Tehnik Pengumpulan Data
1.      Sumber data
Sesuai dengan jumlah variabel yang diteliti maka dalam penelitian ini menggunakan dua jenis data. Data yang digunakan adalah skor yang diperoleh dari hasil tes kemampuan aritmetika dan tes hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan barisan dan deret. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari sampel yang terdiri dari 31 siswa.
2.     Variabel yang diteliti
Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu Kemampuan aritmetika siswa sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan barisan dan deret sebagai variabel terikat (Y).
3.     Instrumen penelitian
Instrumen yang digunakan berupa tes objektif dengan bentuk pilihan ganda sebanyak 80 soal terdiri dari 40 butir soal tes kemampuan aritmetika dan 40 butir soal tes hasil belajar matematika siswa. Tiap butir soal terdiri dari lima pilihan ganda A, B, C, D dan E. Skor menjawab benar 1, menjawab salah 0 dan tidak dijawab 0.
4.        Uji Hipotesis
Perumusan hipotesis statistik yang digunakan untuk mengetahui hubungan  kemampuan aritmetika (X) dengan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan barisan dan deret (Y), yaitu :
       H0 : ρxy = 0
       H1 : ρxy  ≠ 0
5.        Teknik Analisis/Pengolahan Data
1.   Pengujian persyaratan analisis data
      Sebelum hipotesis penelitian diuji, harus diketahui terlebih dahulu uji persyaratan data yaitu dengan uji normalitas.   Uji normalitas dilakukan untuk mengetahui apakah sampel yang dipilih berdistribusi normal atau tidak, maka dilakukan uji kenormalan dengan menggunakan uji Lilliefors.
2. Uji hipotesis penelitian
a. Hubungan fungsional antara variabel-variabel penelitian dianalisis dengan analisis regresi, yaitu dengan menggunakan rumus Regresi Linier Sederhana
b. Untuk mengetahui apakah persamaan regresi berbentuk linier atau tidak maka diuji dengan menggunakan uji Analisis Varians (ANAVA)
c. Selanjutnya untuk menghitung korelasi antara variabel-variabel, ditentukan derajat hubungan dengan menggunakan analisis korelasi yaitu dengan menggunakan korelasi product moment:
d. Besarnya hubungan antara variabel-variabel ditentukan oleh koefisien determinasi.
Maka kontribusi variabel X ( kemampuan aritmetika ) terhadap variabel Y ( hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan barisan dan deret) sebesar r2x 100 %.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar