Judul Skripsi
Hubungan Kemampuan Aritmetika Dengan Hasil Belajar
Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Barisan Dan Deret Di MA Jam’iyyah
Islamiyyah Tanggerang
Peneliti
Faizah
Tahun Penelitian
Penelitian
dilaksanakan pada Bulan April 2007 di kelas XII IPA Semester II tahun pelajaran
2006 / 2007
Direview
oleh
Riwut Ajeng Mrantasi (1001125156)
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Dengan semakin berkembangnya ilmu
pengetahuan, semakin terasa pula betapa pentingnya matematika dalam dunia ilmu
pengetahuan, baik sebagai ilmu pengetahuan maupun sebagai pembentuk sikap.
Selain itu, matematika juga dapat membantu memecahkan berbagai permasalahan,
seperti dalam pemerintahan, industri dan sains.
Betapa pentingnya matematika,
sehingga diajarkan disetiap jenjang
pendidikan. Matematika bertujuan mendidik siswa agar memiliki kemampuan nalar
yang tinggi dan berfikir logis serta dapat
menggunakan matematika dan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari
dan dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan.
ST Negoro dan B.
Harahap mengemukakan bahwa aritmetika merupakan cabang matematika. Aritmetika
disebut juga Ilmu Hitung. Aritmetika adalah cabang dari matematika yang harus
dikuasai oleh siswa, sebab aritmetika digunakan pada hampir setiap materi/bahan
kajian matematika sekolah.
Kemampuan aritmetika
sangat diperlukan dalam kegiatan belajar matematika. Siswa yang kemampuan
aritmetikanya rendah akan mengalami kesulitan dan berbagai hambatan dalam
mempelajari matematika, yang akan menyebabkan siswa merasa bahwa matematika
adalah pelajaran yang sulit dan menakutkan. Sebaliknya siswa yang mempunyai
kemampuan aritmetika yang baik, akan mudah mempelajari konsep-konsep matematika
yang lain, dan hasilnya pun akan memuaskan.
Dengan alasan
tersebut diatas, maka penulis perlu mengadakan penelitian untuk mengetahui
apakah terdapat hubungan antara kemampuan aritmetika dengan hasil belajar
matematika siswa. Untuk itukah penulis mengangkat sebuah judul dalam penulisan
skripsi ini yaitu :
" Hubungan
Kemampuan Aritmetika dengan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan
Barisan dan Deret di MA Jam’iyyah Islamiyyah Tangerang”
B. Rumusan Masalah
“Apakah terdapat hubungan antara kemampuan
aritmetika dengan hasil belajar matematika siswa pada pokok
bahasan barisan dan deret?”
C. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara
kemampuan aritmetika dengan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan
barisan dan deret
D. Manfaat Penelitian
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat berguna terutama bagi :
1.
Peneliti
a.
Sebagai
prasyarat menyelesaikan jenjang pendidikan Strata Satu Program Studi Pendidikan
Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof.
DR. Hamka.
b.
Sebagai
tambahan informasi dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
2. Guru matematika
a.
Sebagai
tambahan informasi untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa yang pada
umumnya masih rendah.
b.
Sebagai
perhatian guru agar memberikan tes formatif kepada siswa untuk mengetahui hasil
belajar yang dicapai siswa pada saat guru mengajar.
3. Sekolah dan pihak yang terkait
dengan pendidikan
Sebagai masukan dalam usaha
meningkatkan hasil belajar matematika siswa di Madrasah Aliyah (MA)
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A.
Metode
Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu metode survei dengan tekhnik korelasi, yaitu mencari hubungan antara
kemampuan aritmetika dengan hasil belajar matematika siswa.
·
Tehnik
Pengumpulan Data
1. Sumber data
Sesuai dengan jumlah
variabel yang diteliti maka dalam penelitian ini menggunakan dua jenis data.
Data yang digunakan adalah skor yang diperoleh dari hasil tes kemampuan
aritmetika dan tes hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan barisan
dan deret. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari sampel yang terdiri
dari 31 siswa.
2. Variabel yang diteliti
Dalam penelitian ini
terdapat dua variabel yaitu Kemampuan aritmetika siswa sebagai variabel bebas
(X) dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan barisan dan deret
sebagai variabel terikat (Y).
3. Instrumen penelitian
Instrumen yang
digunakan berupa tes objektif dengan bentuk pilihan ganda sebanyak 80 soal
terdiri dari 40 butir soal tes kemampuan aritmetika dan 40 butir soal tes hasil
belajar matematika siswa. Tiap butir soal terdiri dari lima pilihan ganda A, B, C, D dan E. Skor
menjawab benar 1, menjawab salah 0 dan tidak dijawab 0.
4.
Uji
Hipotesis
Perumusan
hipotesis statistik yang digunakan untuk mengetahui hubungan kemampuan aritmetika (X) dengan hasil belajar
matematika siswa pada pokok bahasan barisan dan deret (Y), yaitu :
H0 : ρxy = 0
H1 : ρxy
≠ 0
5.
Teknik
Analisis/Pengolahan Data
1. Pengujian persyaratan analisis
data
Sebelum hipotesis penelitian diuji, harus
diketahui terlebih dahulu uji persyaratan data yaitu dengan uji
normalitas. Uji normalitas dilakukan
untuk mengetahui apakah sampel yang dipilih berdistribusi normal atau tidak,
maka dilakukan uji kenormalan dengan menggunakan uji Lilliefors.
2. Uji hipotesis penelitian
a.
Hubungan fungsional antara variabel-variabel penelitian dianalisis dengan
analisis regresi, yaitu dengan menggunakan rumus Regresi Linier Sederhana
b.
Untuk mengetahui apakah persamaan regresi berbentuk linier atau tidak maka
diuji dengan menggunakan uji Analisis
Varians (ANAVA)
c.
Selanjutnya untuk menghitung korelasi antara variabel-variabel, ditentukan
derajat hubungan dengan menggunakan analisis korelasi yaitu dengan
menggunakan korelasi product moment:
d.
Besarnya hubungan antara variabel-variabel ditentukan oleh koefisien
determinasi.
Maka
kontribusi variabel X ( kemampuan aritmetika ) terhadap variabel Y ( hasil
belajar matematika siswa pada pokok bahasan barisan dan deret) sebesar r2x
100 %.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar